[Statistika] Contoh Soal Distribusi Peluang Diskrit

  1. Menurut suatu sigi, 1/3 dari perusahaan di AS memberi karyawannya cuti 4 minggu setelah bekerja di perusahaannya selama 15 tahun. Cari peluangnya bahwa diantara 6 perusahaan yang di sigi secara acak, banyaknya perusahaan yang memberi karyawannya cuti 4 minggu setelah 15 tahun bekerja
    1. Antara 2 sampai 5
    2. Kurang dari 3

  2. Dalam pengujian sejenis ban truk melalui jalan yang kasar, ditemukan bahwa 25% truk mengalami kegagalan karena ban pecah. Dari 15 truk yang diuji selanjutnya, carilah peluang bahwa:
    1. Dari 3 sampai 6 mengalami ban pecah;
    2. Kurang dari 4 yang mengalami ban pecah;
    3. Lebih dari 15 yang mengalami ban pecah.
  3. Suatu penelitian yang dilakukan di Universitas George Washington dan Institut Kesehatan Nasional di AS meneliti sikap masyarakat terhadap obat penenang. Penelitian itu menunjukkan bahwa sekitar 70% penduduk percaya ‘obat penenang tidaklah mengobati apapun, obat itu hanyalah menutuupi penyakit sesungguhnya’. Menurut penelitian ini berapa peluangnya bahwa paling sedikit 3 dari 5 penderita yang dipilih secara acak berpendapat seperti itu?
  4. Diketahui bahwa 40% dari tikus yang disuntik dengan sejenis serum terlindung dari serangan sejenis penyakit. Bila 5 tikus disuntik, berapakah peluang bahwa
    1. Tidak ada yang terserang penyakit tersebut.
    2. Kurang dari 2 yang terserang
    3. Lebih dari 3 yang terserang
  5. Sebuah kartu diambil dari sekotak kartu bridge berisi 52 yang dikocok dengan sempurna. Hasilnya dicatat, kemudian kartu dikembalikan. Bila percobaan itu diulang 5 kali berapa peluang mendapat 2 spade dan 1 heart?
  6. Menurut teori genetika, persilangan tertentu sejenis marmut akan menghasilkan keturunan berwarna merah,hitam dan putih dalam perbandingan . Carilah peluang bahwa 5 dari 8 turunan akan berwarna merah, 2 hitam dan 1 putih.

Penyelasaian soal di atas bisa di Download pada link berikut [Kunjungi]

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: